Monday, June 9, 2008

Wisata ke Istana Caserta

26 April 2008 lalu DWP KBRI Roma dengan Peserta Pertemuan Bulanan melalukan perjalanan wisata ke Pabrik Sutera di San Luigi dan Istana Caserta. Kira-kira sebulan untuk merencanakan semua hal untuk suksesnya perjalanan ini. Dari mulai membentuk kepanitiaan, menentukan waktu, transport ke lokasi, iuran, pengiriman Tim Advance sampai mengatur waktu dan merencanakan acara untuk anak-anak. Banyak hal menarik yang kami lihat, diantaranya di Pabrik Sutera kita bisa melihat langsung proses pembuatan sutera secara tradisional dengan menggunakan mesin pemintal benang sutera yang menggunakan tenaga air, proses pewarnaan dan proses pengukuran benang sesuai kebutuhan, selanjutnya juga proses penenunan benang menjadi kain sutera juga dengan alat tenun tradisional yang masih menggunakan design dari kartu. Sutera yang dihasilkan di Pabrik Sutera di San Luigi ini digunakan untuk furnitur dan asesoris interior, diantaranya yang kami lihat langsung dan sangat unik adalah tembok Istana Caserta yang dibuat dengan dilapisi kain sutera dan diseragamkan dengan kain furnitur di ruangan yang bersangkutan (kursi-kursi, dll).

Perjalanan dilanjutkan ke Istana Caserta, namun karena sudah waktunya makan siang wisata kami selingi dengan acara makan siang bersama. Masing-masing mengeluarkan bekal makan siang, hal unik dan tidak disengaja masing-masing membentuk kelompok-kelompok kecil keluarga sehingga wisata ini jadi terlihat merupakan wisata keluarga. Ada yang bawa empek-empek, ada yang bawa peyek, ada yang mesen aja ke Bu Didit, ada yang bawa tahu & tempe bacem, ada juga yang makan siang lemper aje!!!
Setelah selesai kami mulai eksplor halaman Istana, karena begitu luasnya untuk menghemat waktu kami memutuskan menggunakan suttlebus yang mondar-mandir di Halaman Istana. Tapi, sayangnya hari itu tidak banyak suttlebus yang beroperasi sehingga kami harus sedikit berolah raga untuk bisa ikut masuk satu bus satu rombongan, tapi akhirnya kami berhasil juga ke lokasi dimana terdapat air terjun kecil dan klak-klik sebentar sambil menunggu suttlebus berikutnya.
Sambil menunggu suttlebus berikutnya kami mulai bercanda untuk membunuh waktu .....tuh dia busnya....ups....sudah penuh oleh yang ngantri lebih dulu...sabaaaaar.....tunggu bus berikutnya lagi deh!!!! bercanda lagi yuk?ada yang ngeluarin hobby klak-klik diri sendiri bak artis dangdut, ada yang nahan pipis sambil nongkrong agak menjauh, ada yang bengong sambil pandangan entah kemana bak TKW ketinggalan pesawat......huahaaaahahahaa....ternyata menunggu itu menyebalkan. Dengan menggunakan mesin waktu masa depan akhrinya kami sudah mendengarkan Claudio, Sang Guide, menjelaskan satu persatu ruang Istana Caserta. Juga dengan mesin waktu kami tiba-tiba sudah berpose sambil ngiler di bus sepanjang perjalanan menuju Roma.